dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap
ujian nasional dengan motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP, dimana
semakin negatif sikap terhadap ujian nasional maka semakin rendah motivasi
belajar pada siswa-siswi kelas III SMP. Hipotesis yang diajukan pada penelitian
ini adalah : Ada hubungan positif antara sikap terhadap ujian nasional dengan
motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SMP. Adapun skala
sikap yang digunakan adalah hasil modifikasi dari kerangka pemikiran skema
triadik berdasarkan teori dari Mann (Azwar, 1995) dan teori dari Surapranata
(2004) dan skala motivasi belajar mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh
Steers and Porter (1983).
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
fasilitas program SPSS versi 11,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan positif
antara sikap terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar pada siswa-siswi
kelas III SMP. Korelasi product moment dari Pearson menunjukkan korelasi
sebesar r =0,680 dengan p<0,01 yang artinya ada hubungan positif antara sikap
terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar. | en_US |