Show simple item record

dc.contributor.authorSetianingrum, Desy
dc.date.accessioned2019-02-01T03:39:15Z
dc.date.available2019-02-01T03:39:15Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/13443
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP, dimana semakin negatif sikap terhadap ujian nasional maka semakin rendah motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah : Ada hubungan positif antara sikap terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SMP. Adapun skala sikap yang digunakan adalah hasil modifikasi dari kerangka pemikiran skema triadik berdasarkan teori dari Mann (Azwar, 1995) dan teori dari Surapranata (2004) dan skala motivasi belajar mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Steers and Porter (1983). Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 11,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan positif antara sikap terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar pada siswa-siswi kelas III SMP. Korelasi product moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r =0,680 dengan p<0,01 yang artinya ada hubungan positif antara sikap terhadap ujian nasional dengan motivasi belajar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHubungan Sikap terhadap Ujian Nasionalen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectSiswa Kelas III SMPen_US
dc.titleHubungan antara Sikap terhadap Ujian Nasional dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas III SMPen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record