Profil Peresepan dan Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendal Tahun 2002
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendal merupakan rumah
sakit milik pemerintah yang harus memberikan pelayanan yang memuaskan
tehadap masyarakat kota Kendal khususnya, sebagai pengguna jasa rumah
sakit. Dari fakta tersebut maka rumah sakit sebagai suatu sarana pelayanan
kesehatan sudah sepatutnya dijadikan perhatian khusus bagi pemerintah dengan
meberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat sebagai pengguna jasa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan dan
tenaga kesehatan selain tenaga farmasi, kecepatan pelayanan obat, persentase
penggunaan obat generik, persentase obat yang tidak terlayani dan ketaatan
dokter terhadap formularium rumah sakit.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang memberikan gambaran tentang
pelayanan yang diberikan oleh instalasi farmasi dan pelayanan dari (RSUD)
Kota Kendal. Data yang diambil adalah data primer yang mendukung penelitian
ini. Data primer berupa kuisioner, resep dan sampel resep selama tahun 2002.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk kecepatan pelayanan obat
dengan resep dan kepuasan pelayanan pasien menggunakan teknik acidental
sampling, untuk untuk penggunaan obat generik, obat yang tidak terlayani,
ketaatan terhadap formularium menggunakan teknik cluster random sampling
dan untuk kepuasan tenaga kesehatan selain tenaga farmasi menggunakan
teknik proporsional random sampling.
Dari penelitian ini diperoleh kecepatan pelayanan resep obat jadi 7,6
menit, pelayanan resep obat racikan 24,28 menit, persentase penggunaan obat
generik sebesar 34,42 %, persentase obat yang masuk formularium rumah sakit
sebesar 28,20 %, persenatase obat yang tidak terlayani sebesar 18 %, tenaga
kesehatan selain tenaga farmasi dan pasien rawat jalan merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh instalasi farmasi RSUD Kota Kendal.
Collections
- Pharmacy [1444]