Show simple item record

dc.contributor.advisorKholid Haryono, S.T, M.Kom
dc.contributor.authorDammaeka Dhanar I., 14523095
dc.date.accessioned2019-01-29T03:05:58Z
dc.date.available2019-01-29T03:05:58Z
dc.date.issued2019-01-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13342
dc.description.abstractDestinasi wisata di Indonesia sangat beragam, mulai dari destinasi wisata laut hingga pegunungan. Pada saat ini juga sedang berkembang wisata rintisan di Indonesia. Wisata rintisan sendiri merupakan destinasi wisata baru yang tumbuh dan berkembang di wisata-wisata besar. Salah satu daerah dengan wisata rintisan yang berkembang adalah Kabupaten Semarang. Namun untuk saat ini platfrom informasi wisata maupun aplikasi kepariwisataan yang telah ada hanya menampilkan informasi destinasi wisata yang sudah terkenal atau yang sering disebut dengan wisata mainstream. Belum adanya platfrom dan aplikasi khusus untuk wisata rintisan dapat menyebabkan wisatawan dari luar daerah merasa kesusahan dalam mendapat informasi mengenai wisata-wisata yang ingin dikunjungi. Wisatawan saat ini hanya menggunakan media sosial untuk mencari informasi mengenai wisata yang ingin dituju. Untuk itu media seperti aplikasi pengenalan wisata rintisan sangat diperlukan untuk memperkenalkan wisata rintisan ke wisatawan luar daerah. Aplikasi ini dibuat untuk tujuan memberi informasi dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata rintisan. Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika penggunaan aplikasi, desain dan model aplikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna yang membuat aplikasi kurang bermanfaat dan susah dipahami serta digunakan oleh pengguna. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membangun desain interaksi dari aplikasi wisata yang memperkenalkan wisata rintisan untuk daerah Kabupaten Semarang dan sekitarnya berbasis mobile dengan menggunakan metode perancangan user centered design yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memiliki user experience yang baik. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, yang dimulai dengan observasi awal yang dilakukan dengan datang langsung tempat penelitian. Selanjutnya tahap analisis dengan melakukan wawancara terhadap calon pengguna aplikasi nantinya. Dilanjutkan dengan tahap perancangan desain aplikasi dan yang terakhir adalah tahap pengujian. Tahap pengujian dilakukan dengan melakukan pengujian cognitive walkthrough dan heuristic. Hasil penelitian berupa bentuk desain aplikasi pengenalan wisata rintisan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan daerah Semarang serta berguna untuk membantu mempromosikan wisata rintisan di Kabupaten Semarang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectwisataen_US
dc.subjectwista rintisanen_US
dc.subjectKabupaten Semarangen_US
dc.subjectuser centered designen_US
dc.subjectuser experienceen_US
dc.titleDESAIN INTERAKSI APLIKASI PENGENALAN WISATA RINTISAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGNen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record