Show simple item record

dc.contributor.advisorKholid Haryono, ST., M.Kom
dc.contributor.authorHilda Indriani Gea, 14523231
dc.date.accessioned2019-01-22T01:52:53Z
dc.date.available2019-01-22T01:52:53Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13055
dc.description.abstractPajak merupakan sumber penerimaan dan pendapatan negara yang paling besar. Kendalanya adalah kepatuhan pemilik kendaraan terhadap wajib pajak, sehingga dapat menghambat proses pengumpulan pajak. Asuransi adalah transaksi pertanggungan yang melibatkan dua pihak yaitu tertanggung dan penanggung. Tujuan Asuransi yaitu sebagai teori pengalihan risiko, pembayaran ganti rugi, pembayaran santunan, dan kesejahteraan anggota. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan BPJS Ketenagakerjaan cabang Yogyakarta yaitu menangani pembayaran asuransi aset dan pajak kendaraan bermotor. Jika melewati waktu yang telah ditentukan, maka akan menimbulkan kerugian financial bagi perusahaan. Permasalahan lainnya yaitu kesulitan dalam pengecekan tanggal jatuh tempo (asuransi aset dan pajak kendaraan) yang masih dilakukan secara manual yaitu mencari datanya di dalam file excel. Tujuan dibuatnya sistem informasi manajemen asuransi aset dan pajak kendaraan di BPJS Ketenagakerjaan cabang Yogyakarta yaitu dapat mengelola data asuransi dan pajak kendaraan beserta transaksinya agar terorganisasi dan saling terhubung, serta dapat membantu Pegawai di Bidang Umum dan SDM dalam memantau penjadwalan pembayarannya untuk meminimalisasi kerugian bagi perusahaan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam membangun sistem ini ialah metode prototyping yang terdiri dari communication, quick plan dan modeling quick design, construction of prototype dan deployment delivery and feedback. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian, sistem telah dapat berjalan sesuai dengan proses bisnis yang terdapat di Kantor BPJS Ketenagakerjaan dalam mengelola data asuransi aset dan pajak kendaraan. Pengujian menggunakan tiga cara yaitu pengujian iterasi, pengujian black box dan pengujian berdasarkan study case. Hasil dari pengujian sistem yang telah dilakukan penulis, terdapat fitur yang dapat meminimalisasi kerugian financial bagi perusahaan. Fitur yang dimaksud yaitu pengiriman pesan email kepada Pegawai di Bidang Umum dan SDM dan fitur membuat surat penawaran (asuransi) dan memo internal (pajak kendaraan).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBPJS Ketenagakerjaanen_US
dc.subjectAsuransi Aseten_US
dc.subjectFinancialen_US
dc.subjectPajak Kendaraanen_US
dc.subjectMetode Prototypingen_US
dc.subjectEmailen_US
dc.subjectBidang Umum dan SDMen_US
dc.subjectBlack boxen_US
dc.subjectStudy Caseen_US
dc.subjectSurat Penawaranen_US
dc.subjectMemo Internalen_US
dc.subjectJatuh Tempo dan Kerugian Financialen_US
dc.titleSISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASURANSI ASET DAN PAJAK KENDARAAN DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record