Show simple item record

dc.contributor.authorKesuma H, Arief
dc.date.accessioned2019-01-17T07:31:38Z
dc.date.available2019-01-17T07:31:38Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/12942
dc.description.abstractPerkembangan di segala bidang semakin cepat, informasi merupakan suatu hal yang sangat diperlukan sebagai pendukung berbagai macam aktifitas. Telkom Flexi sebagai pendatang baru penyedia jasa telekomunikasi berbasis CDMA, harus dapat bersaing dengan penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi prioritas dari keinginan pelanggan beserta dengan strategi yang harus segera dilakukan, dibandingkan dengan pesaing. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan menentukan prioritas strategi pada layanan Telkom Flexi adalah Quality Function Deployment (QFD). Langkah pertama adalah merancang House Of Quality (HOQ) untuk mengetahui prioritas dari keinginan pelanggan dan tingkat persaingan dengan penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Langkah selanjutnya membuat fault tree analysis dan matrik perencanaan part (Part Deployment), untuk menentukan prioritas keinginan pelanggan yang perlu segera diperbaiki dilanjutkan dengan menentukan prioritas strategi apa yang harus dilakukan Telkom Flexi untuk meningkatkan kualitas layanannya. Dari hasil penelitian menggunakan QFD, diketahui bahwa prioritas keinginan pelanggan yang harus dikembangkan berdasarkan bobot baris dari hasil HOQ adalah kemudahan SMS (6.227), kualitas suara yang jernih (5.801), transfer pulsa (5.571), Kemudahan menelepon (5.560), MMS (5.418) dan layanan complain/ customer care yang baik dan nyaman (5.264). Prioritas keinginan pelanggan yang perlu segera diperbaiki adalah kemudahan SMS, kelengkapan fitur yaitu mobile banking, MMS dan transfer pulsa dan call center. Prioritas strategi yang harus dilakukan Telkom Flexi adalah penempatan dan penambahan kapasitas BTS, melakukan koordinasi yang baik dengan penyedia jasa telekomunikasi yang lain, melakukan riset tentang fitur yang belum tersedia pada layanan Flexi, bekerjasama dengan bank yang berkompeten untuk layanan M-banking dan kemudahan pembayaran pulsa, membuat Call Center khusus untuk Flexi, publikasi, promosi dan sosialisasi yang baik melalui berbagai media.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenggunaan Quality Function Deployment (QFD)en_US
dc.subjectGuna Merumuskan Prioritasen_US
dc.subjectStrategi Peningkatan Kualitasen_US
dc.subjectLayanan Telkom Flexien_US
dc.subjectStudi Kasusen_US
dc.subjectPT.Telkom Yogyakartaen_US
dc.titlePenggunaan Quality Function Deployment (QFD) Guna Merumuskan Prioritas Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Telkom Flexi (Studi Kasus pada PT.Telkom Yogyakarta)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record