Sekolah Dasar dengan Sistem Inklusi Gagasan Pendekatan Perencanaan dengan Konsep Alam sebagai Mediator dalam Proses Pendidikan
Abstract
Peradaban manusia dewasa ini yang semakin maju dan kompleks membawa
tuntutan yang beragam terhadap manusia sebagai pembentuk peradaban itu
sendiri. Dengan ini peradaban yang ingin di capai ini sangatlah bermacam-macam
pula. Salah satunya adalah sistem pendidikan pemerintah saat ini telah
mengupayakan sistem pendidikan yang baru yaitu sekolah dengan sistem
inklusi.
Sekolah Inklusi adalah pendidikan yang mengikut sertakan anak-anak yang
berkebutuhan khusus untuk belajar bersama-sama dengan anak-anak
sebayanya di sekolah umum.
Pada program pendidikan inklusi ini dalam keaadaan yang tidak
normal dari penderita cacat tubuh itu membuat pandangan mengenai
kemampuan terbatas sehingga sering kali anak mengalami kecenderungan
rendah diri [ inferior compleks ]. Langkah konkret yang di lakukan adalah dengan
memberikan pengalaman ruang-ruang yang dapat menampung mereka untuk
berekspresi dan bersosialisasi dengan baik sehingga tumbuh nilai -nilai percaya
diri , sosialisasi dan di sediakan alam sebagai tempat mereka untuk memperoleh
pembelajaran mengenai alam.
Kenapa pendidikan inklusi ini penting karena apabila anak tuna netra
bergabung dengan anak tuna netra maka dia akan merasa miskin pengetahuan
dan apabila anak tuna netra di gabung dengan anak anak yang normal mereka
akan merasa kaya ilmu pengetahuan dan inilah yang merupakan konsep
perancangan sekolah inklusi yang akan menampung kreatifitas.
Collections
- Architecture [3656]