dc.contributor.advisor | Artina Diniaty, S.Pd, M.Pd | |
dc.contributor.author | Ella Novia, 15614039 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-15T07:11:09Z | |
dc.date.available | 2019-01-15T07:11:09Z | |
dc.date.issued | 2018-12-20 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12788 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan pada materi Larutan Penyangga kelas XI MA Sunan Pandanaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk rancangan Posttest Only with Nonequivalent Group Design. Teknik pengumpulan data melalui metode tes dengan instrumen soal objektif (pilihan ganda) untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan serta metode non tes meliputi angket untuk variabel prestasi belajar ranah sikap dan observasi untuk variabel prestasi ranah sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan, (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar ranah sikap, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar ranah keterampilan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Learning Cycle 5E | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Larutan Penyangga | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |