Show simple item record

dc.contributor.advisorMira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi.,
dc.contributor.authorYulinda Rahma Nur Azizah, 14320108
dc.date.accessioned2019-01-14T07:31:40Z
dc.date.available2019-01-14T07:31:40Z
dc.date.issued2018-11-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12704
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dan kebahagiaan pada guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kebersyukuran dan kebahagiaan pada guru PAUD. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAUD sebanyak 115 orang yang beragama Islam dan berlokasi mengajar di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kebahagiaan yang ditranslasi oleh Zuhra (2014) mengacu pada Subjective Happiness Scale (SHS) yang dikembangkan oleh Lyubomirsky dan Lepper (1999) dan skala kebersyukuran yang memodifikasi dari skala Zuhra (2014) mengacu pada aspek kebersyukuran dari Al-Munajjid (2006). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r = 0.247 dengan signifikansi p = 0.008 (p < 0.01). Analisis koefisien determinasi (r2) menunjukkan sumbangan kebersyukuran sebesar 4,2% terhadap kebahagiaan guru PAUD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterimaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkebahagiaanen_US
dc.subjectkebersyukuranen_US
dc.subjectguru pendidikan anak usia dini (PAUD).en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KEBERSYUKURAN DAN KEBAHAGIAAN PADA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINIen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record