dc.contributor.advisor | Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi., | |
dc.contributor.author | Yulinda Rahma Nur Azizah, 14320108 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-14T07:31:40Z | |
dc.date.available | 2019-01-14T07:31:40Z | |
dc.date.issued | 2018-11-12 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12704 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dan kebahagiaan pada guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kebersyukuran dan kebahagiaan pada guru PAUD. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAUD sebanyak 115 orang yang beragama Islam dan berlokasi mengajar di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kebahagiaan yang ditranslasi oleh Zuhra (2014) mengacu pada Subjective Happiness Scale (SHS) yang dikembangkan oleh Lyubomirsky dan Lepper (1999) dan skala kebersyukuran yang memodifikasi dari skala Zuhra (2014) mengacu pada aspek kebersyukuran dari Al-Munajjid (2006). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r = 0.247 dengan signifikansi p = 0.008 (p < 0.01). Analisis koefisien determinasi (r2) menunjukkan sumbangan kebersyukuran sebesar 4,2% terhadap kebahagiaan guru PAUD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | kebahagiaan | en_US |
dc.subject | kebersyukuran | en_US |
dc.subject | guru pendidikan anak usia dini (PAUD). | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA KEBERSYUKURAN DAN KEBAHAGIAAN PADA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |