Show simple item record

dc.contributor.advisorFirmansyah Nur Budiman, ST., M.Sc.,
dc.contributor.authorRahmad Syafri Utama, 14524115
dc.date.accessioned2019-01-11T03:28:40Z
dc.date.available2019-01-11T03:28:40Z
dc.date.issued2018-11-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12627
dc.description.abstractContingency Analysis (CA) merupakan analisis untuk memprediksi kondisi sistem pasca terjadinya pelepasan (outage) baik berupa pelepasan saluran maupun generator. CA dilakukan untuk memprediksi kejadian terburuk pada sistem tenaga listrik apabila terjadinya kegagalan pada sistem tenaga. Pada penelitian ini dilakukaan kontingensi (N-1) dimana hanya terjadi pelepasan satu saluran antar bus yang akan diimplementasiakan pada sistem IEEE 30 bus menggunakan metode aliran daya Fast Decoupled Load Flow(FDLF). Dari hasil perhitungan aliran daya, diambil nilai daya aktif saluran dengan batas maksimal iterasi yang telah ditentukan untuk mencapai nilai konvergen pada metode. Perangkingan saluran dilakukan sesuai dengan nilai Performance Index (PI). Perhitungan PI dilakukan pada setiap pelepasan saluran dengan bantuan software MATLAB. Pada kontingensi N-1 nilai PI terbesar terdapat pada saluran 1-2 dengan PI 18,5736, karena pada saluran tersebut terdapat slack bus yang merupakan generator referensi pada sistem apabila kekurangan daya. Untuk memperbaiki saluran yang overload perlunya penambahan daya pada generator saluran yang terdekat dengan pelepasan saluran. Pada rangking kontingensi tertinggi yaitu saluran 1-2 terdapat 3 saluran yang mengalamai overload yaitu saluran 1-3, 3-4 dan 4-6. Untuk memperbaiki saluran tersebut dilakukannya penambahan nilai batasan kapasitas maksimum saluran menjadi 350 MW untuk saluran 1-3 dan 3-4 dan untuk saluran 4-6 menjadi 160 MW agar dapat menghindari terjadinya pemadaman bertingkat dan bisa menimbulkan efek pemadaman total pada sistem tenaga.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectcontingency analysisen_US
dc.subjectFast Decoupled Load Flowen_US
dc.subjectPerformance Indexen_US
dc.subjectRankingen_US
dc.titleANALISIS KONTINGENSI SISTEM TENAGA 30 BUS IEEE BERBASIS METODE ALIRAN DAYA FAST DECOUPLEDen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record