dc.contributor.advisor | Firmansyah Nur Budiman, ST., M.Sc., | |
dc.contributor.author | Rahmad Syafri Utama, 14524115 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-11T03:28:40Z | |
dc.date.available | 2019-01-11T03:28:40Z | |
dc.date.issued | 2018-11-27 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12627 | |
dc.description.abstract | Contingency Analysis (CA) merupakan analisis untuk memprediksi kondisi sistem pasca terjadinya pelepasan (outage) baik berupa pelepasan saluran maupun generator. CA dilakukan untuk memprediksi kejadian terburuk pada sistem tenaga listrik apabila terjadinya kegagalan pada sistem tenaga. Pada penelitian ini dilakukaan kontingensi (N-1) dimana hanya terjadi pelepasan satu saluran antar bus yang akan diimplementasiakan pada sistem IEEE 30 bus menggunakan metode aliran daya Fast Decoupled Load Flow(FDLF). Dari hasil perhitungan aliran daya, diambil nilai daya aktif saluran dengan batas maksimal iterasi yang telah ditentukan untuk mencapai nilai konvergen pada metode. Perangkingan saluran dilakukan sesuai dengan nilai Performance Index (PI). Perhitungan PI dilakukan pada setiap pelepasan saluran dengan bantuan software MATLAB. Pada kontingensi N-1 nilai PI terbesar terdapat pada saluran 1-2 dengan PI 18,5736, karena pada saluran tersebut terdapat slack bus yang merupakan generator referensi pada sistem apabila kekurangan daya. Untuk memperbaiki saluran yang overload perlunya penambahan daya pada generator saluran yang terdekat dengan pelepasan saluran. Pada rangking kontingensi tertinggi yaitu saluran 1-2 terdapat 3 saluran yang mengalamai overload yaitu saluran 1-3, 3-4 dan 4-6. Untuk memperbaiki saluran tersebut dilakukannya penambahan nilai batasan kapasitas maksimum saluran menjadi 350 MW untuk saluran 1-3 dan 3-4 dan untuk saluran 4-6 menjadi 160 MW agar dapat menghindari terjadinya pemadaman bertingkat dan bisa menimbulkan efek pemadaman total pada sistem tenaga. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | contingency analysis | en_US |
dc.subject | Fast Decoupled Load Flow | en_US |
dc.subject | Performance Index | en_US |
dc.subject | Ranking | en_US |
dc.title | ANALISIS KONTINGENSI SISTEM TENAGA 30 BUS IEEE BERBASIS METODE ALIRAN DAYA FAST DECOUPLED | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |