PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di Bank BRI Cabang Ngawi)
Abstract
Era globalisasi dalam dinamika kehidupan usaha semakin kerasd dan ketat termasuk di bidang perbankan, memerlukan berbagai wawasan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam dunia usaha. Selain itu Bank BRI Cabang Ngawi membutuhkan juga sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaing dalam bidang yang bergerak dibidang yang sama. Maka dari itu eksistensi Bank BRI Cabang Ngawi harus memperhatikan sumber daya manusia yang optimal dan handal. Sehingga Bank BRI Cabang Ngawi dapat memberikan pelayanan kepada konsumen dengan maksimal dan memuaskan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh implementasi TQM terhadap Kinerja Karyawan dan mengetahui diantara variabel indikator perbaikan berkelanjutan (X1), komitmen jangka panjang (X2), pendidikan dan pelatihan (X3), pemberdayaan karyawan (X4) yang paling dominan terhadap Kinerja Karyawan Bank BRI Cabang Ngawi.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang sudah bekerja selama lebih dari 2 tahun di Bank BRI Cabang Ngawi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis dan bambahasan kesimpulan dalam penelitin ini adalah Variabel TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi (P Value) lebih kecil dari 0,05. Sedangkan dari hasil koefisien regresi linier berganda dari tiap-tiap variabel TQM dapat di ketahui variable yang punya pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan Bank BRI Cabang Ngawi adalah variabel perbaikan berkelanjutan (X1).
Collections
- Management [4527]