Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng
dc.contributor.authorImanda Yanuar Wicaksono, 14523044
dc.date.accessioned2019-01-10T04:11:10Z
dc.date.available2019-01-10T04:11:10Z
dc.date.issued2018-11-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12532
dc.description.abstractKabupaten Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang teletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Kabupaten Pacitan sendiri mempunyai pendapatan terbanyak dari sektor pariwisata dan hasil laut. Hal itu menjadi baik apabila terdapat media untuk proses promosi ke luar daerah. Di Kabupaten Pacitan sendiri memiliki berbagai banyak kebudayaan yang bisa diangkat dan bisa menarik perhatian dan pengunjung lebih banyak. Kabupaten Pacitan merupakan kota yang salah satu penyokong ekonominya bergantung pada sektor pariwisata, maka melihat dari pertumbuhan ekonomi tersebut, sektor pariwisata juga ikut andil dalam pelambatan ekonomi di Kabupaten Pacitan. Seperti pada tahun 2018 ini, target pendapatan dari sektor pariwisata mencapai 10.2 Milyar Rupiah. Namun sampai pada bulan juni 2018 baru bisa mencapai 34.70% dari target pendapatan. Salah satu yang menjadi faktor melambatnya pendapatan dari sektor pariwisata karena kurangnya kegiatan promosi yang baik sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui tentang Kabupaten Pacitan. Hal tersebut menjadikan pariwisata Pacitan menjadi lambat untuk diketahui banyak orang. Untuk meningkatkan promosi agar bisa diterima dengan baik dan menarik maka dibuatkan aplikasi pariwisata yang berfokus untuk mengangkat kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Pacitan. Dalam proses pembangunan aplikasi tersebut melibatkan beberapa narasumber agar dapat membantu dalam proses pembuatannya karena aplikasi tersebut berbasis mobile. Dalam proses perancangan aplikasi ini menggunakan metode Cogtinive Walkthrough yang merupakan salah satu metode UX dan metode Heuristic Testing sebagai metode pendukung. Metode ini dipilih agar pengguna bisa merasakan langsung aplikasi yang dibangun dan bisa menentukan sendiri kebutuhannya di dalam aplikasi. Hasil dari pembangunan aplikasi tersebut dapat membantu promosi pariwisata Kabupaten Pacitan dan dapat melestarikan kebudayaan yang ada. Selain itu aplikasi ini dapat memandu pengguna ataupun wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Pacitan. Aplikasi yang berbasis mobile ini dapat mempermudah pengguna dibandingkan harus membuka website.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmobileen_US
dc.subjectpacitanen_US
dc.subjectbudayaen_US
dc.subjectkearifan lokalen_US
dc.titleAPLIKASI PARIWISATA BERBASIS KEBUDAYAAN DAN KEARIFAN LOKAL KABUPATEN PACITANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record