Show simple item record

dc.contributor.advisorSeptia Rani, S.T., M.Cs.
dc.contributor.authorDesta Aditya Reynaldi, 13523169
dc.date.accessioned2019-01-10T03:17:41Z
dc.date.available2019-01-10T03:17:41Z
dc.date.issued2018-11-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12522
dc.description.abstractMencoba desain atau kaos yang sudah jadi sebelum membeli adalah hal yang sangat penting bagi calon pembeli. Mempromosikan desain kaos sebelum cetak juga hal yang sangat penting bagi produsen kaos yang akan menjual produknya demi mengurangi kemungkinan kerugian saat produk kaos tidak dipromosikan sebelum dicetak. Penjualan kaos melalui media online sering memberikan hasil yang kurang baik kepada konsumen karena sebelumnya konsumen tidak dapat mencobanya dan terkadang bahkan hasil yang diterima tidak sesuai dengan produk yang dipromosikan. Selain itu, produsen juga kesulitan untuk mendapatkan kemudahan untuk mempromosikan produk mereka apabila kaos belum dicetak terlebih dahulu. Maka dari itu dibutuhkan aplikasi mobile berbasis augmented reality yang dapat digunakan untuk mencoba desain kaos tanpa harus dicetak terlebih dahulu. Aplikasi ini bekerja dengan cara menggabungkan desain gambar untuk kaos dalam dunia virtual dengan kaos yang digunakan pengguna pada dunia nyata yang ditangkap oleh kamera smartphone. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini berupa studi pustaka, analisi kebutuhan, perancangan aplikasi, pembangunan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode augmented reality marker based tracking agar desain gambar kaos dapat ditampilkan tepat di kaos yang dipakai pengguna. Aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah aplikasi mobile berbasis Android. Agar mencapai hasil yang optimal, maka dilakukan pengujian terhadap aplikasi dengan cara menguji kompabilitas aplikasi pada beberapa macam device Android yang berbeda dan menguji apakah aplikasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna dengan melakukan pengujian User Acceptance Testing (UAT). Dari hasil pengujian yang didapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile berbasis augmented reality untuk mencoba desain kaos melalui smartphone Android yang memiliki kompabilitas yang baik dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Promosi Kaosen_US
dc.subjectMockup Kaosen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectImage Trackingen_US
dc.subjectAndroid.en_US
dc.titleRANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MEDIA PROMOSI KAOS BERBASIS AUGMENTED REALITYen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record