APLIKASI VIRTUAL REALITY KEBUN BINATANG KHUSUS BINATANG BUAS
Abstract
Kebun binatang merupakan salah satu wahana rekreasi yang berisikan berbagai jenis binatang, salah satunya adalah binatang buas. Banyak pengunjung yang datang ke kebun binatang untuk melihat binatang buas secara langsung. Namun dikarenakan rasa keingintahuan pengunjung yang besar, pengunjung cenderung tidak mengindahkan keselamatan mereka saat berinteraksi, yang berakibat sering terjadi insiden di kebun binatang karena kecerobohan pengunjung. Oleh karenanya dalam penelitian dibuat aplikasi virtual reality kebun binatang buas yang bertujuan untuk memberikan informasi dan mengenalkan binatang buas kepada pengguna.
Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode ADDIE yang berisi lima tahap yaitu analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap design (perancangan) aplikasi ini terdiri dari storyboard dan diagram HIPO. Software yang digunakan adalah Blender dan Unity.
Aplikasi Virtual reality kebun binatang berhasil dibangun untuk menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin melihat dan berinteraksi dengan binatang buas secara dekat. Aplikasi juga menggunakan Bluetooth controller yang memungkinkan pengguna dapat secara bebas menjelajahi kebun binatang virtual dalam aplikasi.
Collections
- Informatics Engineering [2143]