Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Hartomo, M.Sc.,Ph.D.
dc.contributor.authorKen Arum Dindadhika, 13522079
dc.date.accessioned2019-01-07T03:27:32Z
dc.date.available2019-01-07T03:27:32Z
dc.date.issued2018-07-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12391
dc.description.abstractPosisi duduk yang buruk dan ketidaknyamanan saat duduk mengakibatkan perubahan posisi duduk selama perkuliahan dan proses belajar. Sehingga akan menyebabkan gangguan muscoloskeletal disorder pada bagian tubuh tertentu dan menimbulkan masalah pada mahasiswa dikemudian hari. Masalah yang ditimbulkan salah satunya yaitu sulit konsentrasi saat belajar. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap kinerja mahasiswa. Dengan demikian, perlu untuk meningkatkan proses pembelajaran, fasilitas, terutama dalam bentuk kursi yang inovatif untuk mengakomodasi kebutuhan siswa. Makalah ini menyajikan studi untuk mendesain ulang kursi kuliah agar lebih inovatif dan ergonomis untuk memenuhi kebutuhan siswa. Metode Kansei Engineering (KE) digunakan untuk menentukan spesifikasi teknik desain dengan proses pemetaan dari perasaan mahasiswa dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, dari responden tersebut diperoleh 8 kata kansei yaitu nyaman, desain inovatif, awet, dapat diatur, harga terjangkau, warna menarik, aman dan mudah dipindah. Data antropometri juga digunakan untuk mendukung desain. Analisis statistik dilakukan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain kursi baru yang inovatif dan ergonomis terbukti valid untuk memenuhi kebutuhan pengguna sebesar 5% dari tingkat signifikansi.en_US
dc.subjectKansei Engineeringen_US
dc.subjectDuduken_US
dc.subjectErgonomien_US
dc.subjectDesain inovatifen_US
dc.subjectKursien_US
dc.titleDESAIN ULANG KURSI KULIAH YANG INOVATIF DAN ERGONOMISen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record