Analisis Penerapan Segmentasi Pasar dan Positioning Kendaraan Matic Roda Dua Menggunakan Analisis Multivariat
Abstract
Semakin meningkatnya jumlah pemakai kendaraan matic roda dua
menjadikan persaingan dibidang industri otomotif semakin ketat. Hal ini menuntul
produsen otomotif lebih aktif dalam melakukan survei pasar termasuk didalamnya
perilaku konsumen dalam menggunakan atau memilih produk sepeda motor matic.
Dari surevei pasar diharapkan dapat diketahui keunggulan masing-masing produk
motor matic dimata konsumen, yang dapat dijadikan dasar bagi perusahaan untuk
mengembangkan produk dan strategi pemasaran. Memperhatikan hal tersebut, tugas
akhir ini dimaksudkan untuk membahas tentang atribut yang menjadi prioritas bagi
konsumen dalam memilih kendaraan matic roda dua dan memposisikan keunggulan
masing-masing merk sepeda motor matic. Penelitian dilakukan di wilayah Kaliurang,
Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan pengambilan
data menggunakan kuesioner.
Dalam penelitian ini dipilih lima merk sepeda motor matic yang diteliti, yaitu
merk Yamaha (Mio), Jetmatic Kymco, Honda (Vario), Yamaha (Nouvo), dan Suzuki
(Spin). Sedangkan atribut yang dipertimbangkan adalah harga produk baru, desain
dan kombinasi warna, harga puma jual, akselerasi dan kecepatan, konsumsi bahan
bakar, mesin, kenyamanan, suku cadang, kemudahan dikendarai (praktis).
Segmentasi pasar dilakukan dengan metode Kluster Nonhirarki, yaitu
pengidentifikasian segmen pasar berdasarkan atribut-atribut yang diprioritaskan
konsumen. Sedangkan pemposisian produk dilakukan dengan menggunakan metode
Multidimensional Scaling Nonmetrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi masing-masing merek dan atribut
keunggulannya berdasarkan peta persepsi adalah Suzuki (Spin) berada pada
kuadran satu dan unggul pada atribut harga produk baru, mesin, kenyamanan dan
suku cadang. Honda (Vario) beradapada kuadran dua dengan keunggulannya pada
atribut konsumsi bahan bakar. Jetmatic Kymco dan Yamaha (Nouvo) berada pada
kuadran tiga dan unggul pada atribut akselerasi dan kecepatan serta kemudahan
dikendarai. Yamaha (Mio) berada pada kuadran empat dan unggul pada atribut
desain dan kombinasi warna serta harga puma jual.
Collections
- Industrial Engineering [2224]