Show simple item record

dc.contributor.advisorFajar Fandi Atmaja, Lc., M.S.I
dc.contributor.authorRIDHA RUSYDA MARHAN, 14423097
dc.date.accessioned2018-12-13T12:36:02Z
dc.date.available2018-12-13T12:36:02Z
dc.date.issued2018-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12141
dc.description.abstractPerbankan syariah pada beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat menyebabkan terjadinya persaingan antar bank syariah. Bank syariah harus melakukan berbagai strategi dan upaya pembaharuan untuk dapat menjadi pemain utama pada segmennya. Bank syariah terus berusaha melakukan inovasi-inovasi terhadap suatu produk dan jasa yang menjadi pendukung utama keberhasilan perusahaan untuk tetap dapat tumbuh dalam persaingan antar bank syariah, terutama dalam hal pemasarannya. Strategi pemasaran yang tepat serta terarah akan menjadi kunci kesuksesan bagi pemasaran suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Rakyat Indonesia Syariah serta menganalisis perbandingan strategi pemasaran yang digunakan oleh kedua bank syariah tersebut. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia Syariah dalam memasarkan produknya adalah dengan menggunakan strategi segmentation yang terbagi kebeberapa segmen dan berfokus pada segmen ritel, targeting menargetkan kalangan menengah keatas dan menengah kebawah, positioning memposisikan diri sebagai mitra anggota dan differentiation pembedanya dengan produk unggulan. Selanjutnya, menerapkan konsep bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product pendanaan, pembiayaan dan jasa BSM lebih banyak dibandingkan BRI Syariah, price sudah ditentukan oleh kantor pusat yang mempunyai plafond masing-masing, place memilih lokasi yang strategis dan promotion menggunakan media yang sama. Selain itu, menerapkan aspek pemasaran syariah yaitu, teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (insaniyyah).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectPemasaran Syariahen_US
dc.subjectPerbankan Syariahen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG GRESIK DAN PT BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG SIDOARJOen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record