Strategi Pengawas dalam Membimbing Guru PAI SMP Menyusun Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat
Abstract
Kegiatan kepengawasan dan pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh pengawas terhadap guru-guru PAI SMP dimaksudkan untuk membimbing dan membantu guru-guru dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi, dan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah bagaimana strategi pengawas dalam membimbing guru PAI SMP menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat?.
Tujuan penelitiana ini adalah untuk mengetahui strategi/cara/teknik yang digunakan pengawas dalam membimbing guru PAI SMP menyusun penelitian tindakan kelas di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini termasuk field research dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawas dalam melakukan pembinaan/bimbingan kepada guru-guru PAI SMP terutama dalam hal menyusun penelitian tindakan kelas, pengawas menggukan strategi/cara/teknik bimbingan secara kelompok. Bimbingan secara kelompok ini dilaksanakan pengawas dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Pembinaan/bimbingan yang dilakukan pengawas dengan memberikan pengetahuan/konsep tentang penelitian tindakan kelas dan saran/motivasi terhadap guru-guru agar terbiasa menulis permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran yang bisa dijadikan sebuah tindakan atau penelitian tindakaan kelas, yang merupakan salah satu usaha guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.