Show simple item record

dc.contributor.authorOktarina, Amimah
dc.date.accessioned2018-12-13T02:52:52Z
dc.date.available2018-12-13T02:52:52Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/12098
dc.description.abstractPesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia menimbulkan peningkatan persaingan bisnis yang ketat dan rumit antar UMKM. Persaingan bisnis yang ada cenderung tidak sehat dan mengabaikan nilai-nilai etis. Hal ini menjadikan wacana etika bisnis pada UMKM sangat diperlukan agar dapat menjadi landasan dalam beroperasi dan terhindar dari penyimpangan nilai-nilai etis. Sebagai produsen pengolahan ikan yang telah mendapatkan sertifikasi hallal dari MUI, UPI Mino Ngudi Lestari harus mampu menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatannya. Sehingga tidak hanya berorientasi pada pencapaian laba semata, tetapi juga memerhatikan nilai-nilai etis. Hal yang menjadi sorotan menarik bagi peneliti di UMKM tersebut adalah sistem upah yang diberikan kepada tenaga kerja masih di bawah UMR Yogyakarta serta proses produksi yang dilakukan sering kali menyita waktu tenaga kerja dalam beribadah sehingga tenaga kerja terlambat untuk melaksanakan salat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan etika bisnis Islam yang terdiri dari 4 (empat) landasan yaitu tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab pada UMKM UPI MNL yang kemudian dirumuskan formulasi indeks etika bisnis Islam. Indeks etika bisnis Islam ini digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa besar tingkat etis suatu UMKM dalam menerapkan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan analisis dengan melalui 4 (tahapan) yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah UMKM UPI MNL telah menerapkan etika bisnis Islam dalam operasionalnya serta hasil pengukuran indeks etika bisnis Islam berdasarkan formula yang disusun pada penelitian ini, maka diperoleh nilai indeks etika bisnis Islam UMKM UPI MNL sebesar 3,19 yang artinya kategori etis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectindeksen_US
dc.subjectetika bisnis Islamen_US
dc.subjectpersaingan bisnisen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.titlePengukuran Etika Bisnis UMKM Melalui Indeks Etika Bisnis Islam (Studi PadaUMKM UPI Mino Ngudi Lestari Yogyakarta)en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record