Show simple item record

dc.contributor.authorKUSUMA
dc.contributor.authorCINDANI TRIKA
dc.date.accessioned2018-12-11T02:50:45Z
dc.date.available2018-12-11T02:50:45Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/12034
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan berpikir positif untuk menurunkan stress akademik pada dokter PPDS bedah. Subjek dalam penelitian ini adalah dokter yang sedang melanjutkan program pendidikan dokter spesialis (PPDS) bedah minimal pada semester 2 sebanyak sepuluh orang, yang memiliki skor skala stres akademik sedang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur skala stres akademik yang disusun berdasarkan aspek-aspek yang diungkapkan Olejnik dan Holschuh (2007). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Mann Whitney, diperoleh nilai Z sebesar 0.000 dengan p = 1.000 (p > 0.05). Sedangkan pada pascates diperoleh nilai sebesar -2.627 dengan p = 0.009 (p < 0.01). Pada tindak lanjut diperoleh nilai sebesar -2.611 dengan p = 0.009 (p < 0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor tingkat stress akademik yang signifikan antara pratespascates dan prates-tindaklanjut. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan stres akademik pada dokter PPDS bedah setelah diberi pelatihan berpikir positif, sedangkan tidak ada perbedaan pada kelompok kontrol yang tidak diberi pelatihan berpikir positif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPelatihan berpikir positifen_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectdokter PPDS bedahen_US
dc.titleEfektivitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Stres Akademik pada Dokter PPDS Bedahen_US


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record