IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGIDENTIFIKASI MASALAH BELAJAR DI MTS NEGERI 2 SLEMAN
Abstract
Implementasi bimbingan konseling Islami pada masa ini hanya dipandang
sebuah layanan penyuluhan bagi peserta didik yang bermasalah. Pandangan
bimbingan konseling Pada masa ini pun banyak masalah belajar yang dialami
oleh peserta didik. Proses bimbingan konseling di MTs Negeri 2 Sleman ikut
andil dalam mengidentifikasi masalah belajar Penelitian ini bertujuan untuk:
mengetahui implementasi bimbingan konseling Islami serta memahami dalam
mengidentifikasi masalah belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Sleman,
mengetahui upaya yang dapat dilaksanakan bimbingan konseling Islami dalam
mengidentifikasi masalah belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Sleman.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan
metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang bimbingan
konseling, peserta didik, kepala sekolah dan bagian kurikulum. Objek penelitian
ini berupa implementasi bimbingan konseling Islami, masalah belajar peserta
didik. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi bimbingan konseling
Islami dalam mengidentifikasi masalah belajar, dengan cara melakukan
bimbingan individu dan kelompok, melakukan bimbingan belajar terhadap siswa
dan menerapkan strategi active learning untuk memahami dan mengasah
kemampuan siswa. Implementasi bimbingan konseling Islami dapat berjalan
dengan baik, karena adanya kolaborasi antar guru bidang lainnya.
Collections
- Islamic Education [862]