ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGINTEGRASIKAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Kasus: Cafe Living Space Yogyakarta)
Abstract
Kedai Kopi atau cafe menjadi tujuan yang diminati terutama pada kalangan muda
untuk berkumpul maupun untuk mengerjakan tugas. Kedai Kopi atau cafe yang
berkembang saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penyedia makanan dan minuman
yang diminati pelanggan namun juga menawarkan suasana yang nyaman dan
menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga, teman, kerabat dan relasi bisnis.
Kebutuhan akan makanan dan kenyamanan ini membuat bisnis jasa makanan semakin
berkembang pesat. Kualitas layanan juga dipandang sangat penting dalam
memasarkan produk saat ini supaya produk dapat diterima dengan baik di pasar.
Penelitian ini dilakukan di Cafe Living Space Yogyakarta. Cafe Living Space
Yogyakarta adalah salah satu kafe di Yogyakarta yang menyajikan berbagai fasilitas
dan beragam menu untuk mernarik para pelanggan. Konsep yang mereka ambil adalah
konsep Cafe Minimalist. Pada penelitian ini akan mencoba mengetahui tingkat
kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Cafe Living Space Yogyakarta.
Terdapat 20 atribut dalam penelitian ini, kemudian melalui kuesioner dengan
menggunakan metode Sevqual untuk mengetahui nilai Gap terbesar dalam atribut
kemudian diintregasikan dengan metode IPA untuk melihat tingkat kepentingan pada
tiap dimensi dan atribut. Atribut yang harus ditingkatkan adalah Fasilitas pendukung
(toilet, wastafel, tempat ibadah, wifi, Makanan disediakan dalam keadaan fresh dan
terjamin keamanannya dan Kafe bersedia mengganti makanan/minuman dengan yang
baru jika makanan/minuman tidak sesuai dengan menu Hasil penelitian berupa saran
atau usulan terhadap atribut-atribut yang diprioritaskan untuk ditingkatkan.
Collections
- Industrial Engineering [2224]