dc.contributor.advisor | Krisna Merdekawati, S.Pd., M.Pd. | |
dc.contributor.advisor | Artina Diniaty, S.Pd., M.Pd. | |
dc.contributor.author | QooniꞌAtul ꞌAarifah, 15614034 | |
dc.date.accessioned | 2018-11-29T01:45:53Z | |
dc.date.available | 2018-11-29T01:45:53Z | |
dc.date.issued | 2018-09-29 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11758 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan model TPS
terhadap prestasi belajar dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2
Sleman tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik purposive
sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes
untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan dan metode non tes untuk data
keaktifan belajar ranah sikap. Teknik analisis data untuk data prestasi belajar
menggunakan uji Mann Whitney dan untuk data keaktifan belajar menggunakan
analisis kriteria keaktifan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar antara siswa yang
diberi pembelajaran konvensional dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan
model TPS. (2) Keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan model
TPS diperoleh kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 107. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | TPS | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Keaktifan Belajar | en_US |
dc.subject | Tata Nama Senyawa Kimia | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |