dc.contributor.advisor | Lina Fauzi’ah, S.Pd., M.Sc., | |
dc.contributor.advisor | Beta Wulan Febriana, S.Pd., M.Sc., | |
dc.contributor.author | Ismatul Khaliyah, 15614026 | |
dc.date.accessioned | 2018-11-29T01:34:31Z | |
dc.date.available | 2018-11-29T01:34:31Z | |
dc.date.issued | 2018-10-19 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11755 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan 1) kemampuan metakognitif 2) prestasi belajar siswa ranah pengetahuan 3) prestasi belajar siswa ranah sikap 4) prestasi belajar siswa ranah keterampilan laboratorium pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berwawasan Rich Context di SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 4 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yaitu tes tertulis objektif untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan dan metode non tes meliputi observasi untuk variabel prestasi belajar ranah keterampilan laboratorium dan angket untuk variabel kemampuan metakognitif serta prestasi belajar ranah sikap. Teknik analisis data menggunakan Statistika Non Parametric uji Mann-Whitney untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan, prestasi belajar ranah keterampilan laboratorium dan kemampuan metakognitif sedangkan variabel prestasi belajar ranah sikap menggunakan Statistika Parametric uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan metakognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berwawasan Rich Context dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa ranah pengetahuan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berwawasan Rich Context dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (3) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar ranah sikap antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berwawasan Rich Context dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa ranah keterampilan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berwawasan Rich Context dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning (PBL) | en_US |
dc.subject | Kemampuan Metakognitif | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERWAWASAN RICH CONTEXT TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |