Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Yeny Dyah Cahyaningrum, M.MedEd,
dc.contributor.authorABDULLAH AZZAM, 11711145
dc.date.accessioned2018-11-27T07:58:52Z
dc.date.available2018-11-27T07:58:52Z
dc.date.issued2018-09-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11743
dc.description.abstractLatar Belakang: Performa mahasiswa dalam diskusi tutorial merupakan aspek utama, yang memiliki persentase penilaian sebesar 70% sedangkan tes tertulis (minikuis) memiliki persentase sebesar 30% dari keseluruhan nilai tutorial. Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan mahasiswa dalam diskusi tutorial diantaranya yaitu: mahasiswa, tutor, skenario, fasilitas, proses pembelajaran, isi pembelajaran, penjadwalan. Dari tujuh faktor tersebut, yang memiliki persentase paling banyak yaitu faktor mahasiswa sebanyak 28,41%. Mahasiswa harus dapat menentukan tujuan belajar mereka, kemudian mencari cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan belajar tersebut, termasuk didalamnya strategi dan pendekatan belajar yang harus diterapkan, sumber pembelajaran yang bisa digunakan, dan apa saja kemungkinan yang dapat menghambat keberhasilannya dalam mencapai tujuan belajar. Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan belajar berupa deep approach dan surface approach. Pendekatan belajar akan berpengaruh terhadap pencapaian belajar mahasiswa, salah satunya yang dapat dinilai dengan keaktifan tutorial. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pendekatan belajar deep approach dan surface approach dengan nilai keaktifan tutorial pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UII angkatan 2016. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang melibatkan 157 subjek. Penelitian dilakukan dengan mengambil data primer menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa nilai keaktifan tutorial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Spearman. Hasil: Uji statistik menunjukkan terdapat korelasi positif yang tidak bermakna antara pendekatan belajar dengan nilai keaktifan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dengan nilai p 0,304 (p>0,05) dan koefisien korelasi (r) 0,083. Kesimpulan: Pendekatan belajar tidak memiliki korelasi yang signifikan terhadap nilai keaktifan tutorial mahasiswa FK UII angkatan 2016.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendekatan belajaren_US
dc.subjectNilai keaktifanen_US
dc.subjectKeaktifan tutorialen_US
dc.subjectMahasiswa kedokteranen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN BELAJAR DENGAN NILAI KEAKTIFAN TUTORIAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2016en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record