dc.description.abstract | Program ini mempunyai tujuan yaitu, sebagai acuan dalam pembangunan desa wisata,
ekonomi dan budaya. Lalu yang kedua melakukan identifikasi potensi desa yang dapat
dikembangkan untuk pengembangan kepariwisataan, perekonomian, maupun kebudayaan.
Lalu yang ketiga mengidentifikasi produk wisata, ekonomi, dan budaya di desa Glagaharjo.
Lalu yang ke empat merencanakan strategi pengembangan kepariwisataan, perekonomian,
dan kebudayaan. Dan yg terakhir bertujuan untuk menyusun program kepraiwisataan,
perekonomian dan kebudayaan dalam jangka waktu panjang maupun jangka waktu
pendek.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam merancang master Plan yaitu,
pengumpulan data secara langsung (Data Primer) dan data tidak langsung (Data Sekunder).
Metode langsung (Data Primer) dilakukan dengan cara observasi langsung di lapangan,
gunanya untuk mengetahui dan menentukan titik titik penting lokasi pengabdian berdasarkan
dengan titik kelola dan titik pantau. Sedangkan metode tidak langsung (Data Sekunder)
dilakukan dengan cara analisis data sekunder yang di peroleh dari Desa dan instansi terkait
dan juga Masyarakat sekitar. dalam data sekunder lebih dominan berkaitan dengan manfaat
yang dapat diperoleh dari usaha, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya.
Hasil yang didapatkan dari observasi langsung di lapangan (Data Primer) ialah : data
Potensi wisata desa Glagaharjo yaitu (Kawasan Pariwisata, Kawasan Ekonomi dan Kawasan
Budaya), lalu data Kondisi Aksebilitas, data penunjang wisata seperti (Lahan parkir,
Musholla, Kamar mandi, dll.), dan data kondisi kelembagaan wisata bukit Klangon.
Sedangkan hasil yang didapatkan dari metode tidak langusng (Data Sekunder) ialah : data
peta desa Glagaharjo, data BPBD Sleman, dan data Kelurahan desa Glagaharjo. | en_US |