Show simple item record

dc.contributor.authorWidyanto, R. Arri
dc.contributor.authorUsman Al Khaq, Rosidin
dc.date.accessioned2018-11-06T06:54:45Z
dc.date.available2018-11-06T06:54:45Z
dc.date.issued2017-10-22
dc.identifier.uri
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11539
dc.description.abstractKeberhasilan kegiatan belajar mengajar dikelas, tidak hanya tergantung dalam penguasaan bahan ajar atau penggunaan metode pembelajaran, tetapi proses pembelajaran yang baik akan dipengaruhi pula oleh suasana belajar yang kondusif dan posisi tempat duduk siswa yang nyaman. Penentuan tempat duduk siswa sekolah dasar umumnya dilakukan dengan memilih sendiri, bahkan kadang-kadang berebut untuk duduk di kursi depan. Selain itu dilakukan secara acak berdasar waktu kedatangan di awal semester. Posisi tempat duduk yang sudah dipilih ini tidak berubah sampai akhir semester. Sehingga siswa yang mendapatkan posisi tempat duduk yang tidak nyaman, harus menunggu satu semester untuk bisa berpindah tempat duduk yang lain. Dari permasalahan tersebut maka perlu dibangun sistem pendukung keputusan untuk penentuan posisi tempat duduk siswa. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini, menggunakan metode waterfall yang terdiri dari analisis, desain, implementasi pemrograman dan penerapan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk merekomendasikan posisi tempat duduk untuk siswa Sekolah Dasar. Sistem ini diimplentasikan pada Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Windusari 2 yang bisa digunakan untuk rekomendasi penentuan posisi tempat duduk siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectSistem Pendukung Keputusan, Tempat Duduk Siswa, Sekolah Dasar.en_US
dc.titleSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN TEMPAT DUDUK BAGI SISWA SEKOLAH DASARen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record