Show simple item record

dc.contributor.authorPancawisma F, Mahmuda
dc.contributor.authorEndarto, Endarto
dc.date.accessioned2018-11-06T06:02:35Z
dc.date.available2018-11-06T06:02:35Z
dc.date.issued2017-11-22
dc.identifier.isbn978-602-450-211-9
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11523
dc.description.abstractNegara Republik Indonesia sering dikenal negara agraris memiliki daratan dan lautan. Daratan di Indonesia sebagian besar dalam bentuk hutan. Sedangkan kekayaan lautan melalui pengairan mengalir melalui ± 5.590 sungai besar dan kecil. Oleh karena itu perencanaan, pengembangan dan pengelolaan Sumbar daya air harus dilaksanakan melalui pendekatan sungai, sehingga sungai harus dilihat sebagai suatu kesatuan dari hulu sampai hilir. Di Kabupaten Pati pengelolaan air bersih telah ditempuh berbagai kebijakan, salah satunya adalah dibentuknya PDAM Tirta Bening. Bagaimanakah usaha PDAM Tirta Bening dalam meningkatkan pelayanan dan taraf kesehatan pengguna air bersih untuk pelanggan (masyarakat)? Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Peranan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bening dalam Meningkatkan Pelayanan dan Taraf Kesehatan Pengguna Air Bersih di Kabupaten Pati. Oleh karena luasnya obyek yang akan diteliti, maka peneliti memfokuskan pada usaha PDAM Tirta Bening dalam meningkatkan pelayanan dan taraf kesehatan pengguna air bersih di Kabupaten Pati. Agar penelitian ini mendapatkan hasil yang akurat maka penelitian menentukan permasalahannya yaitu bagaimanakah peranan PDAM Tirta Bening dalam usaha meningkatkan pelayanan dan taraf kesehatan pengguna air bersih di Kabupaten Pati dan hambatan-hambatan apa yang timbul dalam usaha meningkatkan pelayanan dan taraf kesehatan pengguna air bersih di Kabupaten Pati. Di dalam penelitian ini tipe penelitian yang digunakan peneliti adalah socio legal research dengan spesifikasi diskriptif analisis, sumber data yang dipakai adalah data sekunder yang berisi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, serta didukung data primer. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Kesimpulan bahwa usaha meningkatkan pelayanan dan taraf kesehatan pengguna air bersih di Kabupaten Pati adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan suplai air bersih kepada masyarakat. Langkah tersebut adalah dengan melakukan cecking pipa untuk meminimalkan tingkat kebocoran,. mengadakan persiapan untuk mengantisipasi jika listrik padam atau tegangan turun yaitu genset siap pakai, mensosialisasikan penggunaan air secara bijak, bekerjasama dengan instansi terkait dalam rangka perlindungan terhadap sumber mata air, serta mencari atau menemukan potensi sumber-sumber air baku.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectpelayanan, air bersih, PDAMen_US
dc.titlePERANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA BENING DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN TARAF KESEHATAN PELANGGAN AIR BERSIH DI KABUPATEN PATIen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record