Show simple item record

dc.contributor.advisorDhomas Hatta Fudholli, ST., M.Sc., Ph.D
dc.contributor.advisorDr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes
dc.contributor.authorLalu Mutawalli, 16917107
dc.date.accessioned2018-11-05T01:19:56Z
dc.date.available2018-11-05T01:19:56Z
dc.date.issued2018-09-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11484
dc.description.abstractRumah sakit sebagai institusi penyelenggara pelayanan kesehatan selalu dituntut memberikan pelayanan yang berkualitas, efektif dan akuntabel. Pelayanan yang efektif dan akuntabel didasari pada kesesuaian tindakan medis dan obat yang diberikan sesui dengan kebutuhan pasien, sedangkan akuntabel adalah setiap tindakan (intervensi) yang dilakukan oleh masing-masing profesi multidisplin seperti, dokter, perawat, tenaga gizi, dan apoteker tercatat dan terdokumentasi. Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) membuat standar pelayanan untuk mendukung efisiensi dan akuntabilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang disebut dengan istilah clinical pathway. Clinical pathway digunakan untuk mencatat secara sistematis setiap intervensi yang diberikan kepada pasien. Clinical pathway diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan serta dapat menurunkan biaya pengeluaran rumah sakit. Dalam implementasinya, clinical pathway tidak selalu sempurna. Penerapan clical pathway tidak dapat direalisasikan secara sempurna disebabkan oleh berbagai hal seperti, kekurangan sumber daya peralatan, fasilitas kesehatan atau dapat terjadi karena kelalaian dari pelaksana teknis dokter, perawat, gizi, dan farmasi. Audit terhadap clinical pathway menjadi penting untuk dapat mengetahui hambatan yang muncul. Untuk mendukung proses audit agar lebih cepat diusulkan pengembangan sistem audit secara terkomputerisasi. Sistem audit clinical pathway bertujuan untuk melakukan penilaian dan monitoring kinerja multidisiplin seperti (dokter, perawat, nutrisionis, tenaga farmasi) saat melakukan intervensi. Pada penelitian ini dibangun model ontologi clinical pathway untuk mendukung sistem memberikan informasi tentang clinical pathway. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Harapan Anda Kota Tegal melibatkan stakeholder yang berperan langsung dalam menggunakan sistem yaitu Manajemen Perawatan Pasien (MPP). Untuk menguji keberhasilan pengembangan sistem diuji dengan penilaian terhadap fungsionalitas sistem. Hasil fungsionalitas terbagi menjadi tiga, pertama hasil kualitas sistem sebanyak 76% hasil ini berhubungan langsung tentang antarmuka. Kedua penilaian terhadap kualitas infomasi yang dihasilkan oleh sistem yaitu sebanyak 68% hasil ini mengacu pada output dari informasi. Ketiga penilaian terhadap kualitas layanan sebanyak 63% hasil ini terkait dengan kemudahan dan efektivitas sistem dapat membantu menyelesaikan pekerjaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSistemen_US
dc.subjectAuditen_US
dc.subjectClinical pathwayen_US
dc.subjectOntologien_US
dc.titleSistem Audit Clinical Pathway di Rumah Sakit Islam Harapan Anda Kota Tegalen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record