dc.description.abstract | ASI (air susu ibu) diproduksi oleh ibu untuk dikonsumsi bayi dan merupakan sumber gizi
utama bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. Memperlancar pengeluaran ASI, ibu hamil
perlu diberikan pengetahuan bagaimana cara merawat payudara yang benar untuk bertujuan
menjaga kesehatan payudara, sehingga mencegah gangguan yang dapat terjadi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran
brainstorming dalam pendidikan kesehatan tentang perawatan payudara pada ibu hamil di
Puskemas Takeran Magetan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra
experimental dengan analisa kuantitatif menggunakan rancangan pretest-posttest tanpa kelompok
kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah
responden dalam penelitian ini sebanyak 48 responden ibu hamil. Analisisnya menggunakan uji
Paired Sample t-test dengan rata-rata pretest 15,98 dengan standar deviasi 2,245 serta nilai rata-
rata posttest sebesar 22,19 dengan nilai standar deviasi 1,646. Nilai thitung dalam analisis ini adalah
15,500. Adapun nilai p-value dalam penelitian ini adalah 0,000. Nilai p-value 0,000 < 0,05 maka
dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan uji efektivitas metode brainstorming didapatkan
hasil rata-rata sebesar 6,21 dengan standar deviasi 2,775. Nilai persentasi metode brainstorming
sebesar 89,6%. Nilai posttest menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan nilai pretest
sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan
payudara dengan nilai sebesar 22,19. Metode brainstorming efektif dalam pendidikan kesehatan
pada ibu hamil tentang perawatan payudara dibuktikan dengan adanya peningkatan pada
persentase tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran lain untuk
melihat keefektifan serta variasi dalam pemyampaian materi | en_US |