dc.description.abstract | Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat antisipatif dan reaktif terhadap korupsi
yang masih rendah. Data Transparency International tahun 2017 menunjukkan kinerja Indonesia
dalam melawan korupsi hanya sebesar 36 (kategori rendah). Hasil penelitian sebelumnya
merekomendasikan pentingnya peran media dalam mengkomunikasikan kesadaran dalam bersikap
dan berperilaku antikorupsi. Salah satunya dengan pendekatan pada sektor pendidikan sebagai
wadah pembentukan karakter dan dalam implementasinya harus disertai media komunikasi yang
tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana media komunikasi antikorupsi
dimanfaatkan dalam mengintervensi peserta didik baik di sekolah tingkat dasar, menengah
maupun atas dan selanjutnya menjadi dasar rekomendasi dalam intervensi pencegahan korupsi di
masa mendatang. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan hasil-hasil penelitian sebagai
bahan kajian dengan menggunakan Database Science Direct, Proquest, dan Google Scholar.
Pencarian dilakukan menggunakan kata kunci "Media Pendidikan Antikorupsi", "Pendidikan
Antikorupsi", dan "Perang Melawan Korupsi" dengan berpedomaan pada kriteria inklusi dan
eksklusi. Sebanyak 9 studi memenuhi kriteria. Studi menunjukkan visualisasi pesan dalam media
memiliki pengaruh besar dalam mempengaruhi opini atau sikap individu. Media yang efektif
dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi adalah film dan permainan (SD), komik digital (SMP),
dan film (SMA). Selain itu, media ICT efektif dalam membentuk opini publik tentang tindakan
korupsi pada remaja. Namun, penelitian tersebut sebagian besar tidak mendasarkan pada teori
komunikasi, perilaku masih sedikit dievaluasi dan belum menguraikan metode penelitian dengan
jelas. Penelitian lanjutan perlu mengembangkan media komunikasi yang dapat digunakan secara
luas oleh peserta didik dengan berdasarkan teori komunikasi. Evaluasi selama proses penting
dilakukan untuk mengetahui faktor lain yang diduga berpengaruh dalam intervensi media
pendidikan antikorupsi. | en_US |