Show simple item record

dc.contributor.authorWartini, Sri
dc.date.accessioned2018-10-31T04:20:02Z
dc.date.available2018-10-31T04:20:02Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/11426
dc.description.abstractPendidikan mengalami proses perkembangan yang sangat pesat, perkembangan tersebut seharusnya juga di ikuti oleh masing – masing komponen dalam pendidikan tersebut. Penekan dalam pendidikan terletak pada proses pembelajaran. Kunci berhasilnya proses pembelajaran ditentukan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang mendukung adalah pemanfaatan Media pembelajaran. Kemampuan guru dalam memanfaatakan media mendukung keberhasilan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, artinya bahan keterangannya tidak berwujud angka. Pendekatan yang digunakan adalah studi observasi . Fokus pertanyaan dalam Penelitian ini mengungkap bagaimanakah kesesuaian pemanfaatan media pembelajaran bagi guru-guru di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul dengan prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul yang berlokasi di Jalan Imogiri Barat Km. 11 Sumberagung Jetis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. . Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media media Papan tulis, LCD Proyektor dan Laboratorium bahasa di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul belum sesuai dengan prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran. Banyak faktor penyebab media pembelajaran yang ada belum dapat dimanfaatkan secara maksimal Berdasarkan hasil penelitian, saran kepada guru supaya memahami dan menambah pengetahuan tentang media pembelajaran, mengembangkan kreatifitas dan merefleksi diri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Bagi sekolah agar forum diskusi tiap guru mata pelajaran untuk melaksanakan praktek microteching dalam bentuk team teaching, perlu diadakan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap proses pembelajaran, pelatihan bagi guru guna meningkatan manajeman dalam pemanfaatan media pembelajaran, perlunya motivasi dari kepala sekolah kepada guru terutama dalam pemanfaatan media pembelajaranen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpemanfaatan media pembelajaranen_US
dc.titlePemanfaatan Media Pembelajaran Papan Tulis, Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor dan Laboratorium Bahasa bagi Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantulen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record