dc.contributor.advisor | Dr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd | |
dc.contributor.author | Luthfia Kamalia, 14422111 | |
dc.date.accessioned | 2018-10-23T08:34:00Z | |
dc.date.available | 2018-10-23T08:34:00Z | |
dc.date.issued | 2018-10-03 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11348 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesulitan siswa dalam mengikuti pelajaran yang diterapkan oleh guru, dikarenakan perbedaan gaya belajar setiap siswa. Terjadinya perbedaan gaya belajar dari setiap anak akibat dipengaruhi oleh pola asuh yang berbeda juga dari orang tua masing-masing setiap anak. Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anak mereka dapat belajar dengan mudah dan nyaman. Tetapi dapat menimbulkan kesulitan bagi anak jika memasuki dalam belajar berkelompok atau di dalam kelas. Perbedaan gaya belajar yang biasanya di terapkan orang tua berbeda dengan guru yang mengajar siswa –siswanya dikelas. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan gaya belajar siswa serta seberapa besar hubungan pola asuh orang tua dengan gaya belajar siswa SMP Islam Terpadu Daarul Hidayah Desa Bulakrejo Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah
Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan angket atau kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Daruil Hidayah Desa BulakRejo, Kab. Sukoharjo. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VI dan VIII yang berjumlah 60 Siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 21.0 for windows
Temuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari hasil nilai kolerasi atau hubungan R sebesar 0,017, maka nilai kolerasinya adalah hubungan rendah atau juga disebut tidak ada hubungan antara Pola Asuh Orang Tua (X) dengan Gaya Belajar Siswa (Y). (2) Hasil koefisien Determinasi R2 menjelaskan seberapa besar variabel dependen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel indipenden (X), R2 sebesar 0,000 yang mengandung arti bahwa variabel independen atau bebas (Pola Asuh) terhadap variabel dependen atau terikat (Gaya Belajar) 0% artinya tidak ada hubungan antara pola asuh dengan gaya belajar, ada variabel lain yang saling berhubungan selain variabel pola asuh. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pola Asuh | en_US |
dc.subject | Orang Tua | en_US |
dc.subject | Gaya Belajar | en_US |
dc.title | HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN GAYA BELAJAR SISWA SMP ISLAM TERPADU DAARUL HIDAYAH DESA BULAKREJO, KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |