HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN KONTROL DIRI DENGAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 SLEMAN
Abstract
Dukungan sosial dari guru dan siswa dapat mengontrol dirinya dengan baik memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk akhlak terpuji siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dan kontrol diri dengan akhlak terpuji siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dan IX di MTs Negeri 9 Sleman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa data-data. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan linieritas. Teknik analisa dengan menggunakan Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hubungan antara dukungan sosial guru dan kontrol diri dengan akhlak terpuji siswa di MTs Negeri 9 Sleman sebesar 55% sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak menelitinya. Dengan demikian dukungan sosial guru dan kontrol diri yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan akhlak terpuji pula. Karena dukungan sosial dan kontrol diri sangat mempengaruhi akhlak terpuji siswa. Walaupun dukungan sosial dari guru dan mengontrol diri bukanlah satu-satunya faktor dalam menentukan tinggi rendahnya akhlak terpuji siswa, faktor tersebut dapat berupa faktor lainnya seperti dukungan keluarga, dukungan teman sebaya dan lain sebagainya.
Collections
- Islamic Education [861]