Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Ir. R. Chairul Saleh, M.Sc., Ph.D.
dc.contributor.authorRizkya Ayu Fajarini, 14522020
dc.date.accessioned2018-10-09T09:26:00Z
dc.date.available2018-10-09T09:26:00Z
dc.date.issued2018-09-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11076
dc.description.abstractSaat ini konsep ramah lingkungan berkembang di kalangan bisnis dan menjadi isu yang penting, bahkan konsep tersebut juga berkembang pada ritel. Banyak peritel yang telah menerapkan konsep ramah lingkungan sebagai strategi pemasarannya seperti Wal-Mart dan Carrefour. Semakin maraknya isu lingkungan, ritel diharapkan ikut berperan untuk memitigasi kerusakan lingkungan dengan menganut praktik hijau dan dapat mempengaruhi kesadaran lingkungan pada konsumennya. Penelitian ini bertujuan merancang model untuk mengetahui pengaruh green retailing practices terhadap environmental consciousness dan mengetahui hubungan variabel-variabelnya terhadap environmental consciousness pada pelanggan. Model yang dirancang terdiri dari 6 variabel dan 15 indikator. Pengambilan data dilakukan dengan metode survey yang dibantu dengan alat bantu kuesioner dan kuesioner disebarkan kepada 51 responden The Body Shop. Analisis model dan hubungan variabel berdasarkan metode Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.10. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa model yang dirancang telah valid. Didapatkan 3 dari 5 variabel green retailing practices memiliki pengaruh terhadap environmental consciousness. Variabel green product design, green packaging dan green policy merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap environmental consciousness. Temuan ini dapat memberikan wawasan yang berharga agar peritel bekerjasama menerapkan praktik-praktik ritel hijau pada ritelnya agar pelanggannya juga dapat berperan memitigasi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari limbah atau sampah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectramah lingkunganen_US
dc.subjectgreen retailing practicesen_US
dc.subjectenvironmental consciousnessen_US
dc.subjectSEM-PLSen_US
dc.titleDESAIN MODEL HUBUNGAN GREEN RETAILING PRACTICES TERHADAP ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS PADA PELANGGANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record