dc.description.abstract | Pembiasaan (habituation) merupakan proses pembentukan sikap dan
perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran
yang berulang-ulang. Pilar seluruh agama adalah sholat. shalat jama’ah dalam
shalat fardhu lima waktu adalah wajib ‘ain (fardhu ‘ain) bagi orang laki-laki
yang mukallaf dan mampu baik sedang tidak bepergian maupun dalam
perjalanan, Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas
tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga,
masyarakat, bangsa dan negara. karakter disiplin adalah suatu keadaan yang
menunjukkan suasana tertib dan teratur yang dihasilkan oleh organisasiorganisasi
yang berbeda di bawah naungan sebuah organisasi, karena
peraturan-peraturan yang berlaku di hormati dan diikuti.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan
menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah data kualitatif artinya adalah bahwa bahan keterangannya
tidak berujud angka. Dengan pendekatan yang digunakan adalah studi observasi.
fokus pertanyaan dalam penelitian ini mengungkap bagaimana pembiasaan
sholat jama’ah dapat membentuk karakter disiplin siswa di SMA Negeri
Piyungan kabupaten Bantul, dengan lakah-langkah yang dilakukan guru dengan
prinsip sholat yang dilakukan adalah jama’ah sholat di Masjid secara ontime
(JMO) sehingga akan dapat membentuk jiwa karakter Disiplin Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang digunakan
guru dalam rangka pembiasaan sholat dengan cara mendatangi siswa ke kelas,
absensi sholat dan sangsi bagi siswa yang tidak sholat dapat merubah sikap
siswa enjadi disiplin, sehingga siswa dengan sendirinya sudah terbiasa
melakukannya secara rutin, tanpa harus di bimbing dan diarahkan guru, hal ini
menunjukkan bahwa pembiasaan sholat berjama’ah yang dilakukan di sekolah
dapat membentuk karakter disiplin siswa SMA Negeri Piyungan Kabupaten
Bantul.
Berdasarkan hasil penelitian. Saran kepada guru agar segala usaha dan
upaya yang telah dilakukan dalam proses ibadah sholat jama’ah di sekolah
dipertahankan dengan melakukan pengawasan dan bimbingan serta pemberian
tauladan kepada siswa. Kepada siswa agar mempunyai kesadaran dalam
menjalankan ibadah sholat berjama’ah. | en_US |