Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah MIS.
dc.contributor.authorHeni Nuryati, 14913062
dc.date.accessioned2018-09-12T11:37:19Z
dc.date.available2018-09-12T11:37:19Z
dc.date.issued2018-08-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10680
dc.description.abstractPembiasaan (habituation) merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang. Pilar seluruh agama adalah sholat. shalat jama’ah dalam shalat fardhu lima waktu adalah wajib ‘ain (fardhu ‘ain) bagi orang laki-laki yang mukallaf dan mampu baik sedang tidak bepergian maupun dalam perjalanan, Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. karakter disiplin adalah suatu keadaan yang menunjukkan suasana tertib dan teratur yang dihasilkan oleh organisasiorganisasi yang berbeda di bawah naungan sebuah organisasi, karena peraturan-peraturan yang berlaku di hormati dan diikuti. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif artinya adalah bahwa bahan keterangannya tidak berujud angka. Dengan pendekatan yang digunakan adalah studi observasi. fokus pertanyaan dalam penelitian ini mengungkap bagaimana pembiasaan sholat jama’ah dapat membentuk karakter disiplin siswa di SMA Negeri Piyungan kabupaten Bantul, dengan lakah-langkah yang dilakukan guru dengan prinsip sholat yang dilakukan adalah jama’ah sholat di Masjid secara ontime (JMO) sehingga akan dapat membentuk jiwa karakter Disiplin Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang digunakan guru dalam rangka pembiasaan sholat dengan cara mendatangi siswa ke kelas, absensi sholat dan sangsi bagi siswa yang tidak sholat dapat merubah sikap siswa enjadi disiplin, sehingga siswa dengan sendirinya sudah terbiasa melakukannya secara rutin, tanpa harus di bimbing dan diarahkan guru, hal ini menunjukkan bahwa pembiasaan sholat berjama’ah yang dilakukan di sekolah dapat membentuk karakter disiplin siswa SMA Negeri Piyungan Kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil penelitian. Saran kepada guru agar segala usaha dan upaya yang telah dilakukan dalam proses ibadah sholat jama’ah di sekolah dipertahankan dengan melakukan pengawasan dan bimbingan serta pemberian tauladan kepada siswa. Kepada siswa agar mempunyai kesadaran dalam menjalankan ibadah sholat berjama’ah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpembentukan sikap dan perilakuen_US
dc.titlePEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTULen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record