• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Architect
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Architect
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Music Center di Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    01.0 cover.pdf (62.20Kb)
    02 preliminary.pdf (226.9Kb)
    03 daftar isi.pdf (150.5Kb)
    04 abstract.pdf (95.30Kb)
    05.1 bab 1.pdf (547.0Kb)
    05.2 bab 2.pdf (568.8Kb)
    05.3 bab 3.pdf (270.0Kb)
    05.4 bab 4.pdf (586.1Kb)
    05.5 bab 5.pdf (899.8Kb)
    06 daftar pustaka.pdf (59.02Kb)
    07.1 Lampiran 1.pdf (1.539Mb)
    Date
    1998
    Author
    Wahdamalik, Mofid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda dalam menanggapi dan menghayati bahwa sesuatu itu disebut musik atau bukan musik, hasil persepsi manusia selain ditentukan oleh kemampuan indera jiwa juga oleh pengalaman, padahal pengalaman itu tidak akan lepas dalam diri seseorang. Tetapi pada intinya adalah perbedaan perbedaan tersebut mengarahkan kepada pengertian yang lebih dalam tentang mengapa musik merupakan suatu gejala yang universal dan punya dimensi particular di dalam masyarakat. Musik menjadi pasangan hidup manusia dan musik menjadi sangat dekat bahkan hampir tak mungkin dilepas. Penikmat musik khususnya musik populer di Yogyakarta yang ;. sebagian besar kaum muda, pelajar dan mahasiswa dengan cost yang terbatas cenderung "menerima" fasilitas pertunjukan musik yang ada. Sebagian penikmat musik lebih suka menikmati suasana yang tercipta ketika ada suatu pertunjukan musik. Dengan duduk-duduk bergerombol, saling bercengkerama dan masih tetap mengikuti alunan musik mereka sudah dapat melepaskan kepenatan mereka. Selain itu, terjadinya persaingan yang tidak sehat di antara performer, hal ini terjadi karena tidak adanya wadah khusus untuk menampung yang dapat menciptakan suasana yang kondusif yang dapat menginteraksikan mereka. Kehadiran music center di Yogyakarta akan menjadi wahana kreatifitas dan sebagai control social, pusat informasi dan komunikasi penikmat musik. Rancangan bangunan dan bentuk arsitekturalnya merupakan representasi dari karakter musik dan karakter sosial ekonomi penikmat musik di Yogyakarta, yaitu suatu rancangan komposisi massa yang terbentuk melalui transformasi elemen-elemen pembentuk musik ke dalam simbol-simbol yang di superimpose (ditumpangtindihkan) dan di acak menjadi pola dan bentuk baru yang terbentuk secara unpredictable, kemudian dikombinasikan dan ditransformasikan menjadi sebuah batang, bidang dan massa. Melalui penggabungan bentuk, penumpukan, pergeseran, dan rotasi akan menjadi gubahan dan penampilan massa bangunan. Metode tersebut juga diterapkan untuk mencari pola dan bentuk lanskap. Selain itu, menghadirkan suatu fasilitas pertunjukan musik populer yang sesuai dengan keadaan sosial ekonomi penikmat musik di Yogyakarta dan juga difungsikan sebagai sarana sosialisasi/rekreasi masyarakat.
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/1067
    Collections
    • Architect [1430]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV