dc.description.abstract | Penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang bersifat fluktuatif
mendorong kepala madrasah untuk melakukan inovasi dan formulasi terhadap
strategi pemasaran lembaga pendidikan madrasah. Strategi marketing
pendidkan yang diterapkan diharapkan mampu meningkatkan rekrutmen PPDB
di MIN Melikan Rongkop Gunungkidul. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendiskripsikan tentang strategi kepala madrasah dalam meningkatkan
penerimaan peserta didik baru di MIN Melikan Rongkop Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif_diskriptif. Pengumpulan
data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan merupakan analisis data model Milles dan Hubberman, yaitu
dengan langkah-langkah; pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) strategi kepala madrasah sangat
efektif untuk meningkatkan target PPDB, yaitu menggunakan keunggulan
produk pendidikan untuk promosi, gratis biaya pendaftaran, membentuk tim
work, pemetaan target promosi, bekerja sama dengan stake holder madrasah,
menerapkan sistem jemput bola, dan publikasi melalui media cetak maupun
elektronik (2) hasil dari strategi kepala madrasah mampu meningkatkan jumlah
PPDB sebesar 100% pada tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 35 siswa dan
2016/2017 sejumlah 34 siswa. Sedangkan hasil PPDB pada tiga tahun
sebelumnya pencapaiannya masih rendah, yaitu Tahun Pelajaran 2012/2013
sejumlah 10 siswa, 2013/2014 sejumlah 11 siswa, 2014/2015 sejumlah 16
siswa. | en_US |