dc.description.abstract | Penerapan kompetensi pedagogik guru yang optimal dapat
memudahkan dalam mengelola pembelajaran, sehingga dapat berimplikasi
terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan tentang fungsi kompetensi pedagogik guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif_diskriptif. Tehnik pengumpulan
data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis data model Milles dan Hubberman dengan langkahlangkah
pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Guru Al Quran Hadits di MTs N
Nglipar telah mampu mengaktualisasikan fungsi kompetensi pedagogiknya
dengan baik. Indikatornya adalah menyusun Silabus dan RPP, melakukan
inovasi pembelajaran, evaluasi belajar serta pengembangan potensi siswa. 2)
Hasil prestasi akademik, yaitu nilai UTS naik rata-rata 78,5 dan UAS 81,4,
siswa dapat membaca, menulis, dan menghafal Al Quran. Hasil pencapaian
prestasi non akademik, yaitu juara MTQ, MHQ, CCA dan seni kaligrafi
ditingkat kabupaten dan provinsi. | en_US |