dc.description.abstract | Pentiulisan karya tulis ini bertujuan untuk menjembatani atau memediasi program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia terhadap mutu AUN-QA. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penulisan ini karena Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia telah melakukan pengajuan PHKPS yang menghasilkan dana hibah, guna untuk mempersiapkan mutu AUN-QA. Alhasil, pengajuan tersebut telah ditolak dua kali berturut-turut. Selain itu, penulis minat kepada penelitian pengembangan kutrikulum disuatu perguruan tinggi, tetapi lambat laun penulis diberi masukan bahwasanya kurikulum yang ada di prodi PAI sedang mengalami revisi beberapa kali semenjak 2017. Maka, penulis diberi saran untuk melakukan penelitian sinkronisasi butir mutu yang dilakukan prodi terhadap kriteria AUN-QA. Saran tersebut menjadi sebuah dorongan bagi penulis untuk meneliti butir mutu terhadap kriteria AUN-QA.
Penyajian data dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive. Model dari Miles dan Huberman, yang membagi langkah-langkah dalam kegiatan analisis data dengan beberapa bagain yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (Conclusion)
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah upaya mutu yang dilakukan prodi PAI UII sudah baik. Ditinjau dari data, bahwasanya ruang lingkup internal (K1-K19) dan ruang lingkup eksternal (K10 & K11) sudah dijalankan dengan baik. Adapun peneliti menemukan temuan-temuan yang ada di analisis atas agar supaya mutu yang ada adi prodi PAI sesuai dengan kriteria AUN-QA | en_US |