Show simple item record

dc.contributor.authorPrakoso, Puttro
dc.date.accessioned2018-09-05T16:48:41Z
dc.date.available2018-09-05T16:48:41Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/10574
dc.description.abstractPariwisata di Indonesia terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang ke tempat wisata maka kebutuhan akan hotel juga semakin meningkat. Agar dapat bersaing dan tumbuh dengan baik di era informasi ini hotel harus menggunakan sistem pengukuran dan manajemen yang diturunkan dari strategi dan kapabilitas yang dimiliki. Pengukuran kinerja perlu dilakukan agar hotel dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja adalah SMART (Strategic Management Analysis and Reporting Technique) System. Metode SMART System merupakan model yang dikembangkan oleh Wang Laboratory dengan menggunakan strategi objektif sebagai titik awal perencanaannya. Strategi objektif perusahaan diperoleh dari penjabaran visi dan fungsi bisnis unit yang utama yaitu finansial (financial) dan pasar (market). Keberhasilan kinerja finansial dan pasar perlu didukung kemampuan perusahaan untuk memuaskan konsumennya (customer statisfaction), fleksibilitas (flexibility) dan kemampuan memproduksi yang efektif dan efisien (productivity). Level terakhir yang perlu dilakukan oleh masing-masing depatremen dan stasiun kerja adalah bagai mana agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik (quality), kecepatan proses produksi dan pengiriman produk (delivery), waktu proses semakin pendek (process time) dan biaya yang murah (cost). Keempat pespektif ini diyakini mampu menunjang kemampuan perusahaan untuk memuaskan konsumen. Hotel Pesona Ensa Merak adalah salah satu hotel yang terletak di Merak-Banten, hotel ini berada dikawasan wisata Pantai Merak serta dekat juga dengan Pelabuhan Merak. Selain menjadi hotel untuk singgah para wisatawan juga sebagai tempat transit bagi para pengendara yang ingin menyebrak ke Pulau Sumatra atau sebaliknya. Pengukuran dilakukan dengan metode SMART (Strategic Management Analysis and Reporting Technique) System dan didapatkan 18 KPI (Key Peformance Indicator). Dari ke 18 KPI tersebut ada 2 KPI yang berwarna merah dan kuning yaitu KPI 10 dan KPI 13 karena skor keduanya dibawah 7. Dari keseluruhan KPI yang mencapai target adalah 88,8%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHotelen_US
dc.subjectMeraken_US
dc.subjectSMART Systemen_US
dc.subjectKinerja Perusahaanen_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.titleAnalisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan SMART (Strategic Management Analysis and Reporting Technique) System (Studi Kasus di Hotel Pesona Enasa Merak - Banten)en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record