Analisis Semiotika Representasi Industri Rokok dalam Komik “Perusahaan Rokok Untung Besar!!”
Abstract
Agung Sadewo. 12321151. Analisis Semiotika: Representasi Industri Rokok dalam Komik “Perusahaan Rokok Untung Besar!!”.Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2017.
Komik adalah seperangkat gagasan, baik tersurat maupun tersirat. Komik dapat berdenyut dan ‘mengena’ setelah adanya hubungan ‘dialetik’ antara karya tersebut dengan pembaca, yang akhirnya berkembang menjadi tafsir-tafsir yang bebas ketika komik menjadi konsumsi publik.
Rokok merupakan fenomena luar biasa di negara berkembang seperti di Indonesia. Sebuah gaya hidup yang sangat merakyat, namun sayang, gaya hidup yang tidak sehat. Iklan larangan merokok ada dimana-mana, namun pemerintah tampaknya enggan untuk mengatur secara tegas bisnis ini. Jumlah pekerja yang besar, nilai laba yang melambung, menjadikan rokok sebagai bisnis yang berlimpah laba. Kini para pemilik rokok tercatat sebagai orang terkaya di dunia.
Penelitian ini sangat penting dan menarik karena akan membahas mengenai representasi industri rokok dalam buku komik “Perusahaan Rokok Untung Besar!!” Penelitian menggunakan pendekatan analisis wacana semiotik Roland Barthes. Aspek sosial, ekonomi dan politik menjadi konteks yang sangat diperhatikan dalam penelitian ini, seperti perilaku merokok masyarakat Indonesia, hingga strategi perusahaan rokok dalam memasarkan produk yang mengedepankan cita rasa ini.
Collections
- Communication [943]