Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. R. Teduh Dirgahayu
dc.contributor.advisorTaufiq Hidayat, ST., MCS
dc.contributor.authorRona Neysa Dewi, 12917229
dc.date.accessioned2018-08-30T13:43:38Z
dc.date.available2018-08-30T13:43:38Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10239
dc.description.abstractPengguna produk perangkat lunak seringkali menemukan masalah dalam menggunakan produk yang dipakai. Hal itu bisa disebabkan oleh kesalahan produksi atau kesalahan penggunaan. Menghubungi layanan pengaduan atau customer service menjadi salah satu jalan dari para pengguna produk untuk mengadukan keluhan yang dialami pengguna. Jumlah keluhan yang disampaikan kepada customer service sangat beragam dan tercatat dalam Bugzilla yang menjadi media penyimpanan keluhan. Dari data keluhan yang sangat beragam itu maka dipisahkan tiap produk. Produk Activity Registration menjadi obyek penelitian ini. Pada perhitungan precision, recall, dan f-scorediketahui bahwa hasil perhitungan ketiganyamemiliki nilai yang sama dengan perhitungan akurasi. Secara keseluruhan, hasil perolehan f-score dengan algoritma Naive Bayesmemberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan algoritma SVM. Model klasifikasi yang dibangun dengan Naïve Bayes memiliki nilai tertinggi ketika menggunakan fitur trigram, sementara model klasifikasi yang dibangun dengan SVM memiliki nilai tertinggi ketika menggunakan fitur unigram.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectbugen_US
dc.subjecttext miningen_US
dc.subjectkeluhanen_US
dc.subjectcustomer serviceen_US
dc.subjectcrisp-dmen_US
dc.subjectsvmen_US
dc.subjectnaive bayesen_US
dc.titleModel Text Mining Untuk Identifikasi Keluhan Pelanggan Produk Perusahaan Perangkat Lunaken_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record