Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Internet @Wifi.Id (Studi Kasus PT. Telkom Witel Yogyakarta)
Abstract
Layanan internet @wifi.id merupakan teknologi internet yang dikembangkan oleh PT.
Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia
dengan kecepatan akses internet hingga 3 Mbps. Kualitas pelayanan yang diberikan
oleh PT. Telkom terhadap produk @wifi.id kepada pelanggannya merupakan salah satu
faktor utama bagi perkembangan @wifi.id mendatang. Oleh karena itu untuk
mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna jasa layanan internet @wifi.id dan
atribut apa yang menjadi prioritas utama yang dapat diperbaiki maupun dipertahankan
oleh PT. Telkom guna meningkatkan kualitas layanan internet @wifi.id perlu dilakukan
analisis kualitas dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA)
dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian dengan
menggunakan sampel sebanyak 70 responden, didapatkan hasil tingkat kepuasan
pelayanan secara menyeluruh sebesar 0,78 (puas). Atribut yang menjadi prioritas
utama yang dapat diperbaiki yaitu atribut kecepatan akses layanan internet hingga 100
Mbps dengan nilai kepuasan sebesar 3,87, nilai kepentingan sebesar 4,33 dan nilai
GAP sebesar -0,46. Sedangkan atribut yang menjadi prioritas utama untuk
dipertahankan yaitu atribut memiliki karyawan yang rapi, sopan dan baik dengan nilai
kepuasan sebesar 4,04, nilai kepentingan sebesar 4,17 dan nilai GAP sebesar -0,13.
Collections
- Industrial Engineering [2224]