dc.description.abstract | Kemajuan teknologi tidak selamanya memberikan dampak positif, akan tetapi
ada juga dampak negatifnya. Keberadaan madrasah mendorong para guru untuk
berusaha menangkal dampak-dampak negatif yang bisa muncul setiap saat. MTs
Negeri 1 Kulon Progo sebagai salah satu pendidikan formal berbasis keislaman
merupakan wadah yang tepat dalam melaksanakan sekaligus mengembangkan
internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Dari uraian singkat tersebut penulis ingin
mengetahui bagaimana implementasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam
peningkatan karakter religius dan implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam
dalam peningkatan karakter religius di MTs Negeri 1 Kulon Progo.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Kulon Progo dengan menggunakan
jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat kualitatif deskriptif analitik
dan dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ditentukan dengan teknik
purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi internalisasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam peningkatan karakter religius di MTs Negeri 1 Kulon Progo
dilakukan melalui tahap tranformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai
dengan menggunakan metode nasehat, keteladanan, pembiasaan dan hukuman.
Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam peningkatkan karakter
religius di MTs Negeri 1 Kulon Progo yaitu meningkatnya pengetahuan dan
pemahaman agama siswa, meningkatnya kesadaran dalam beribadah siswa dan
meningkatnya perubahan dalam sikap dan perilaku siswa. | en_US |