Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS.,
dc.contributor.authorErnawati, 15913208
dc.date.accessioned2018-08-28T17:33:50Z
dc.date.available2018-08-28T17:33:50Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10076
dc.description.abstractPenelitian ini berawal dari pengamatan bahwa akhir-akhir ini banyak terjadi kemerosotan moral anak-anak khususnya anak usia remaja/pelajar, dengan ditandai maraknya tawuran, klitih,,rendahnya akhlak usia pelajar. Melihat hal tersebut maka perlu kiranya ada kerjasama antar keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk memecahkan persoalan tersebut. Dari latar belakang masalah tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti, mengamati lebih jauh tentang “Bentuk Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Mlati Sleman Yogyakarta”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Reserch) dengan pendekatan kualitatif diskriptif. Yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bentuk kemitraan sekolah dengan keluarga dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP N 2 Mlati Sleman Yogyakarta, serta untuk mengetahui hasil yang didapat dengan adanya kemitraan tersebut. Adapun informan penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Urusan Kesiswaan, Komite Sekolah, Orang tua peserta didik kelas VIII dan Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Hubberman, yang terdiri dari, kondensasi data, penyajian data,penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk kemitraan sekolah dengan keluarga dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP negeri 2 Mlati, dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan mensosialisasikan program sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yakni berprestasi, terampil berdasarkan iman dan taqwa, membentuk paguyupan orangtua, pembiasaan- pembiasaan, menjalin komunikasi yang efektif antara orangtua, sekolah, guru bimbingan konseling maupun guru among. Dengan melaksanakan program tersebut hasil yang didapatkan adalah tingkat pelanggaran tata tertib rendah, dan karakter anak berubah menjadi lebih baik, serta tercapai visi dan misi sekolah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBentuk Kemitraan Sekolahen_US
dc.subjectKeluargaen_US
dc.subjectKarakter Peserta Didiken_US
dc.titleBENTUK KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 MLATI SLEMANYOGYAKARTAen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record