ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DI BMT MITRA USAHA UMMAT YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Bauran pemasaran adalah alat-alat pemasaran yang terdiri dari 4P. Yakni, Product,
Price, Promotion, dan Place. Untuk perusahaan jasa, variabel bauran pemasaran
ditambah dengan 3P, yakni, People, Physical evidence dan Process. Sebuah
perusahaan menggunakan bauran pemasaran untuk memasarkan produknya karena
Marketing Mix (bauran pemasaran) bisa dikendalikan langsung oleh perusahaan.
Baitul Maal wa Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan mikro yang beroperasi
dengan prinsip bagi hasil serta mengikuti ketentuan-ketentuan syari’at dalam Islam.
BMT Mitra Usaha Ummat sebagai sebuah lembaga keuangan yang menjalankan
fungsi bisnis membutuhkan bauran pemasaran untuk dapat mencapai target sasaran.
Sebagai sebuah lembaga keuangan berprinsip syariah, maka BMT Mitra Usaha
Ummat mengendalikan variabel-variabel bauran pemasaran agar tidak
menyimpang dari jalan syariah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara
dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BMT-MUU
mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam bauran pemasaran yang dilakukan.
Hasil dari penelitian ini adalah BMT-MUU menjaga nilai-nilai keIslaman dalam
melakukan pemasaran menggunakan alat-alat pemasaran berupa bauran pemasaran
7P.
Collections
- Islamic Economics [826]