Peneltian ini bertujuan untuk menguji bagaimana peran penerimaan orangtua dalam student engagement pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah akan ada hubungan positif antara penerimaan orangtua dan student engagement. Untuk menguji hipotesis penelitian ini, peneliti melibatkan 229 siswa SMA kelas 3 di Sangatta Utara dengan usia berkisar 16-19 tahun dengan persentase jumlah subjek laki-laki 34.90% dan perempuan 64.60%. Kepada mereka diberikan Student Engagement in School Questionnaire (SESQ; Hart, Stewart, & Jimerson, 2011; 32 aitem dengan Cronbach .=0.867, Parental Acceptance Subscale of PARQ-Child Version (PAS-PARQ-Child Version; Rohner & Khaleque, 2005; 9 aitem dengan Cronbach .=0.875 untuk penerimaan ayah dan Cronbach .=0.849 untuk penerimaan ibu), dan Reynolds Short Form of Marlowe-Crowne Social Desirability Scale (Reynolds Short Form of MCSDS; Reynolds & Gerbasi, 1982; 11 aitem dengan Cronbach .=0.581). Hasil penelitian menunjukkan peran positif dari penerimaan orangtua pada level signifikansi 0.01 di mana penerimaan ibu dan penerimaan ayah masing-masing mampu menjelaskan 10.76% dan 5.02% varian student engagement siswa SMA. Penelitian ini juga menemukan kekuatan hubungan kedua variabel bervariasi menurut faktor gender. Kata Kunci : Penerimaan Orangtua, Student Engagemet, Siswa SMA