Latar Belakang : Kepribadian merupakan sebuah pola khas seseorang dalam berpikir, merasakan dan berperilaku relatif stabil. Kegiatan belajar di Fakultas kedokteran kepribadian mahasiswa dapat mempengaruhi hasil akhir belajar. Mahasiswa yang dituntut aktif dalam system problem based learning mengharuskan mahasiswa pandai dalam berinteraksi dan mengungkapkan pendapatnya. Tujuan : Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepribadian introvert dengan prestasi belajar. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan metode cross sectional. Data diambil dari mahasiswa angkatan 2013 secara random. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis Chi-square. Hasil : Analisis data dari 108 sampel menggunakan chi square didapatkan P = 0,143 menunjukan tidak ada hubungan antara tipe kepribadian introvert dengan prestasi belajar di kedokteran. Kesimpulan : tipe kepribadian tidak berhubungan dengan prestasi belajar. Kata Kunci : Tipe kepribadian, introvert, cross sectional