Pada dasarnya orang suka berbelanja, dan orang-orang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan atau hanya ingin membeli sesuatu barang yang diinginkan. Dalam sebuah market para pembeli (pelanggan) ini merupakan hal yang meliliki peranan penting, karena dengan pelanggan bisa untuk menentukan majunya sebuah usaha atau tidak. Selain itu juga sudah banyak toko biasa yang berubah menjadi swalayan yang menggunakan mesin barcode atau mesin otomatis yang dapat mengetahui harga produk di swalayan tersebut. Sudah banyak swalayan – swalayan yang berkembang di Indonesia dari yang dikelola secara kekeluargaan maupun secara professional menggunakan system waralaba(franchise). Di Yogyakarta ada salah satu swalayan yang dikelola secara kekeluargaan yaitu swalayan sumber rezeki. Disini peneliti ingin mengetahui factor apa saja yang dapat meningkatkan pembelian di swalayan sumber rezeki. Subyek dari penelitian ini adalah pembeli di swalayan sumber rezeki yang bertempat di jalan kaliurang km 9.8 depan perumahan merapi view. Data penelitian diperoleh dari database struk belanja konsumen yang ada di swalayan sumber rezeki. Dengan menggunakan metode Market Basket Analysis(MBA) yang dapat menyortir produk dan dikelompokkan menurut fungsi produk tersebut. Setelah pengelompokkan per departemen lalu data tersebut di transformasi kedalam bentuk bilangan biner sehingga dapat diolah ke dalam metode Association Rule(AR) menggunakan XLminer. Hasil dari metode Market Basket Analysis diperoleh 23 departemen yang selanjutnya dipakai untuk diolah ke dalam metode Association Rule dengan minimum support 10 dan minimum confidence% 40 yang menghasilkan Rule sebanyak 11 Rule. Salah satu Rule yang terbentuk adalah konsumen ketika membeli produk di departemen 5(Dept Deterjen) dan 9(Dept Snack) mempunyai kemungkinan 71.43% untuk membeli juga di departemen 7(perlengkapan mandi) dengan lift ratio sebesar 4.762905 menandakan data tersebut valid yang artinya ketiga departemen tersebut memiliki hubungan yang kuat sehingga pada pembuatan layout usulan ketiga departemen tersebut harus diletakkan di lokasi yang berdekatan. Kata kunci : Swalayan, Barcode, MBA, AR