ABSTRAK ALI NURSALIM : “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Kemampuan Memahami Emosi diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Kabupaten Gunungkidul” Penelitian ini merupakan penelitian tentang hubungan tingkat pendidikan orang tua dan kemampuan memahami emosi diri terhadap prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul”, yang memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul. 2) Hubungan antara kemampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. 3) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan kermampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Ini adalah sebuah penelitian kuantitatif dengan responden penelitian ini di fokuskan kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan orservasi, wawancara, dokumentasi dan angket, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan regresi dua prediktor (ganda) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul dan memberikan yang berarti. Artinya semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada orang tua berpendidikan rendah tetapi prestasi anak tinggi. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara kemampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul dan memberikan sumbangan yang berarti. Artinya semakin tinggi kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada orang tua memahami emosi dirinya rendah tetapi prestasi anak tinggi. 3) Secara bersama-sama pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul. Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka prestasi belajar juga semakin meningkat. Kata Kunci : Pendidikan Orangtua, Memahami Emosi diri dan Prestasi Belajar Siswa ABSTRACT ALI NURSALIM : “Relation to Education Parents And Ability To Understand Emotions self Achievement In Student MIN Playen Gunungkidul " This study is about the relationship of parental education level and ability to understand the emotions of the students' learning achievement in Playen MIN Gunung ", which has the aim to determine 1) The level of correlation between the level of parental education and academic achievement in students Playen Gunung MIN. 2) The level of correlation between the ability of parents to understand the emotions of children with learning on student achievement MIN Gunung Playen second half of the school year 2014/2015. 3) The level of correlation between education level of parents and kermampuan parents understand the emotions of children with learning on student achievement MIN Gunung Playen second half of the school year 2014/2015. This is a quantitative study with respondents of this study focused on students MIN Gunung Playen 2nd semester of the school year 2014/2015. Data collected by orservasi, interviews, documentation and questionnaire, data analysis technique used is the regression correlation analysis with two predictors (double) The results obtained in this study were 1) There is a positive and significant relationship between the level of education independently of parents with student achievement MIN Playen Gunungkidul and provide meaningful without the influence of other factors. This means that the higher the parents' education, the higher the student achievement and without any variables influenced by parental education remains a significant contribution to student achievement. 2) There is a positive and significant relationship between the ability independently to understand the emotions of parents of children with learning on student achievement MIN Gunung Playen and make a significant contribution without the influence of other factors. This means that the higher the ability of parents to understand the emotions the child, the higher the student achievement and without any variable is influenced by the ability of parents to understand the emotions the child remains a significant contribution to student achievement. 3) Put together the education of parents and the ability of parents to understand the emotional relationship the child has a positive and significant impact on student achievement Playen Gunung MIN. This means that the higher the education level of parents and the ability of parents to understand the child's emotional self learning achievement is also increasing. Keywords: Parent Education, Emotional Understanding self and Student Achievement